LAYANAN TERBAIK
1.Boarding-balipetcareservice 1.Grooming-balipetcareservice 56.delivery-service-balipetcareservice 5.petshop-balipetcareservice
Bali Pet Care And Service - Grooming, Tempat Penitipan, Jual Beli Makanan & Aksesoris, Pelatihan, Dan Jual Beli Hewan Peliharaan (Pet Shop) Area Denpasar Bali | Cara Merawat Kucing Yang Sedang Hamil
543
single,single-post,postid-543,single-format-standard,ajax_updown_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1200,side_area_uncovered_from_content,footer_responsive_adv,hide_top_bar_on_mobile_header,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-16.6,qode-theme-bpcs2,qode_advanced_footer_responsive_1000,wpb-js-composer js-comp-ver-5.5.2,vc_responsive

Cara Merawat Kucing Yang Sedang Hamil

cara merawat kucing sedang hamil

Cara Merawat Kucing Yang Sedang Hamil

Kucing merupakan hewan peliharaan yang tidak memiliki siklus reproduksi yang teratur seperti manusia maupun beberapa jenis hewan lain. Pada manusia, anjing, sapi maupun hewan lainnya memiliki siklus reproduksi yang terjadi secara periodik dan teratur. Masa kehamilan kucing bervariasi antara 59-70 hari, rata-rata 63-65 hari.

Dalam merawat kucing, ada banyak hal yang mesti kita ketahui. Terutama pada saat-saat istimewa seperti saat merawat anak kucing maupun saat merawat kucing yang sedang hamil. Kucing yang sedang hamil harus dirawat secara benar, kesalahan perawatan kucing hamil bisa berakibat berbahaya untuk keselamatan induk dan anak si kucing. Berikut ini cara merawat kucing yang sedang hamil.

1. Makanan yang Bergizi dan sehat
Makanan bergizi dan sehat tidak harus mahal. Namun makanan kucing yang tinggi protein, karena semakin banyak protein dalam makanan kucing maka semakin baik makanan kucing itu hingga bisa membuat kucing hamil menjadi lebih sehat. Kita bisa memberinya makanan buatan sendiri maupun makanan kucing instan, baik yang basah maupun yang kering. Yang pasti, teliti dahulu kandungan gizi dari makanan kucing tersebut. Terutama bila kita memilih makanan jadi, biasanya sudah ada daftar kandungan gizinya. Atau bisa juga membeli makanan khusus untuk kucing hamil.

2. Hentikan vaksinasi
Vaksin merupakan memasukan virus “jinak” ke dalam tubuh kucing. Karenanya sebaiknya kucing hamil tidak perlu divaksin, karena virus dapat membuat anak kucing yang masih di dalam kandungan induk akan mati, dan bisa menyebabkan induk kucing mengalami keguguran.

3. Hentikan obat cacing
Obat cacing juga sangat berbahaya bagi anak kucing yang masih berada dalam kandungan induknya.

4. Pisahkan dengan kucing jantan
Umumnya banyak yang tidak memikirkan hal ini dan berfikir bila kucing betina hamil, maka kucing betina ini tidak akan kawin lagi. Padahal banyak kucing betina yang sedang hamil namun tetap kawin lagi dengan kucing pejantan. Guna menghindari hal ini, pisahkan kucing betina yang sedang hamil dengan kucing jantan. Sebab bila kucing yang sedang hamil dikawinkan, maka si kucing betina dapat mengalami keguguran.

5. Hindari dimandikan
Pada kucing yang sedang hamil, hindari memandikannya. Sebab memandikan kucing yang sedang hamil dapat membuat kucing tersebut stress, dan dapat membuat kucing hamil terkena flu yang akhirnya bisa membuat kucing tersebut menjadi sakit.

6. Hangatkan kandang
Lebih hangatkan kandang atau tempat tidurnya, berilah lapisan kain tambahan supaya dia nyaman.

7. Jaga kebersihan
Sangat disarankan untuk menjaga kebersihan secara menyeluruh, baik itu grooming kucing tersebut, kandang/tempat tidur kucing maupun keseluruhan rumah kita pada umumnya. Hal ini untuk menghindari timbulnya kontaminasi bakteri dan jamur pada kucing kita, sebab umumnya lebih rentan dari biasanya.

Tentu saja kepedulian kita dalam merawat kucing yang sedang hamil adalah yang terpenting. Ajaklah kucing tersebut bermain bersama, namun jangan terlalu membuatnya lelah.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.