Membeli Anak Anjing dari Peternak

Membeli Anak Anjing dari Peternak/ Breeder merupakan salah satu alternatif bagi Anda yang menginginkan anjing jenis tertentu (biasanya anjing ras). Karena orientasi komersil, biasanya para breeder sangat memperhatikan kesehatan/ bulu/ perawatan anjing sebelum terjual. Tetapi tidak sedikit breeder yang tidak terlalu tanggap akan kesehatan/ perawatan anjing dengan benar, sehingga bermodalkan rayuan, mereka tetap bisa menjual anjing dengan harga tinggi tetapi tidak diimbangi dengan kualitas kesehatan anjing yang memadai. Sehingga tidak hanya menimbulkan penyakit pada anjing di kemudian hari saja, tetapi juga kerugian psikologis jika terjadi apa apa pada anjing yang belum lama diadopsi.

Karena nya sangat penting mempertimbangkan beberapa hal berikut sebagai saran aman membeli anjing dari para peternak/ breeder.

1. Pelajari berbagai jenis peternak. Tidak semua peternak tepercaya, jadi berhati-hatilah dalam mempertimbangkan dan menjauhi mereka. Salah satu jenis peternak adalah peternak hobi. Peternak ini memiliki pengetahuan yang mendalam tentang sejenis ras tertentu dan menginvestasikan waktu serta energi dalam memilih anak anjing yang berkualitas optimal untuk dilombakan dalam kompetisi. Peternak seperti ini biasanya hanya akan membesarkan satu atau dua ekor anjing per tahun.

Peternak rumahan biasanya tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang ras anjing dan hanya ingin mendapatkan uang tambahan. Hindari membeli anak anjing dari peternak seperti ini.

Peternak komersial biasanya mengembangbiakkan beberapa jenis ras yang berbeda dan menghasilkan banyak anakan dalam setahun. Lingkungan tempat tinggal seorang peternak komersial bisa saja berada dalam kondisi yang baik atau buruk. Selain itu, tidak semua peternak komersial mampu mengurus sertifikat PERKIN. Anak-anak anjing yang dijual di toko mungkin berasal dari tipe peternak seperti ini.

2. Cari peternak yang bertanggung jawab. Berkonsultasilah dengan dokter hewan dan organisasi anjing di area Anda untuk menemukan peternak tepercaya yang merawat anjing-anjingnya dengan baik. Peternak seperti ini biasanya mengembangkan hanya beberapa jenis anjing dan memiliki hubungan baik dengan para dokter hewan serta organisasi pencinta binatang di areanya. Lakukan pencarian daring untuk membantu Anda.

Peternak yang bertanggung jawab akan mengajukan beberapa pertanyaan tentang mengapa Anda menginginkan seekor anjing, siapa yang akan merawatnya, dan di mana ia akan tinggal. Sang peternak tidak akan mudah tergiur dengan uang dan segera menyerahkan anak anjing kepada Anda.

3. Kunjungi lokasi peternak. Jangan pernah membeli anak anjing melalui peternak tanpa mengunjungi lokasinya terlebih dahulu. Anda harus melihat calon anak anjing Anda, teman-temannya, induknya, serta lokasi ia dibesarkan dan tinggal. Seorang peternak yang bertanggung jawab bahkan akan menyarankan Anda untuk berkunjung beberapa kali agar Anda benar-benar merasa nyaman akan lokasi peternakan dan praktek bisnisnya.

4. Ajukan banyak pertanyaan kepada pihak peternak. Membeli anak anjing melalui peternak bisa menjadi sesuatu yang mahal, jadi pastikan pihak peternak jujur, berpengetahuan luas, dan etis. Ada banyak pertanyaan yang bisa Anda ajukan: Bagaimana cara anak anjing dibesarkan dan dilatih bersosialisasi? Bagaimana Anda memilih calon pembeli? Apa prosedur yang Anda tempuh saat membantu proses persalinan? Apa orang tua dari anak-anak anjing di tempat Anda telah dites untuk mengetahui beberapa jenis penyakit tertentu?

Anda bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan lain, seperti ada berapa banyak anak anjing di peternakan dan perawatan medis apa yang telah mereka terima (misalnya vaksinasi, pemberantasan cacing, dll.).

Minta dokumentasi terkait perawatan medis, pemasangan mikrocip, dan pemeriksaan isu kesehatan atau perilaku spesifik pada rasnya.

Jangan takut mengajukan pertanyaan. Jika peternak anjingnya tepercaya, ia tidak akan kesulitan menjawab semua pertanyaan Anda mengenai anjing-anjing yang ia kembangbiakkan dan besarkan.

Bersiaplah menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai mengapa Anda menginginkan seekor anak anjing dan bagaimana Anda berencana merawatnya. Peternak anjing yang baik akan sangat memperhatikan kesejahteraan anak anjing yang telah ia besarkan. Jalin hubungan baik dengan peternak agar Anda mudah mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul di kemudian hari, atau jika Anda ingin mengikutkan si anak anjing dalam suatu perlombaan nantinya

5. Dapatkan sertifikat stambum dari PERKIN. Anda juga harus menandatangani kontrak penjualan. Jika Anda ingin mengikutkan anjing dalam kompetisi atau mengembangbiakkannya, Anda akan memerlukan bukti bahwa anjing tersebut terdaftar dalam PERKIN dan bahwa Anda adalah pemilik legalnya. Akan tetapi, ketahuilah bahwa berkas-berkas PERKIN hanya memberi tahu sejarah keturunan anjing Anda, dan bukan merupakan bukti bahwa ia dibesarkan dengan baik oleh sang peternak.

Berhati-hatilah terhadap peternak yang mencoba menjual anak anjing kepada Anda hanya karena ia memiliki berkas terkait yang menunjukkan silsilah si anjing.

6. Hindari peternak-peternak komersial! Peternak-peternak seperti ini terkenal karena mengembangbiakkan anak-anak anjing dalam kondisi yang buruk. Para peternak yang menempuh jalur ini biasanya lebih peduli akan uang daripada mengembangbiakkan anjing secara bertanggung jawab. Anak-anak anjing yang dikembangkan dalam lingkungan seperti ini mungkin memiliki ketidaknormalan genetis yang bisa menghasilkan kejanggalan fisik dan emosional, yang, sayangnya, tidak akan bisa segera Anda deteksi.

Saat Anda mengunjungi peternak, periksa kondisi peternakannya dengan teliti. Jika anjing-anjing di sana terlihat kotor, kurus, atau tidak sehat, jangan beli anak anjing dari si peternak.
Jika peternak enggan menunjukkan seluruh lokasi peternakannya, maka ini berarti mungkin ia menjalankan peternakan anjing dengan buruk dan tidak ingin Anda melihat kondisi tempat pengembangbiakkan anjingnya.

Jika seorang peternak tidak mengajukan banyak pertanyaan dan tidak lagi peduli pada anak anjing setelah ia menjualnya, Anda harus curiga bahwa sang peternak menjalankan peternakannya secara tidak bertanggung jawab.

Para peternak yang mengklaim berhasil mengembangbiakkan sejumlah ras murni atau ras “kawin silang” biasanya tidak jujur dan menjalankan peternakan dalam kondisi yang buruk.Anjing-anjingnya biasanya bukan anjing ras atau anjing hasil kawin silang.

Anda bisa melaporkan peternak seperti ini ke otoritas lokal di daerah tempat tinggal Anda. Laporkan kepada polisi atau organisasi-organisasi pencinta hewan terdekat jika Anda mengira seorang peternak yang Anda kunjungi menyakiti anjing-anjingnya.

7. Berpikirlah dua kali sebelum membeli anak anjing dari toko. Anak-anak anjing di toko ini mungkin saja berasal dari peternak yang tidak bertanggung jawab. Bersikaplah kritis—tanyakan pada para staf toko mengenai dari mana mereka mendapatkan anak-anak anjingnya dan lakukan riset untuk mencari tahu tentang peternak yang mereka sebutkan. Jika Anda ingin membeli anak anjing dari toko, pastikan anak anjing tersebut berasal dari tempat penampungan atau peternak yang tepercaya.
Iklan

Bali Pet Care And Service

Beraktivitas dengan tenang, tanpa khawatir dengan hewan kesayangan anda di rumah

BALI SuperDog Siap melayani anda