LAYANAN TERBAIK
1.Boarding-balipetcareservice 1.Grooming-balipetcareservice 56.delivery-service-balipetcareservice 5.petshop-balipetcareservice
Bali Pet Care And Service - Grooming, Tempat Penitipan, Jual Beli Makanan & Aksesoris, Pelatihan, Dan Jual Beli Hewan Peliharaan (Pet Shop) Area Denpasar Bali | Mengatasi Anjing Sulit Makan
148
single,single-post,postid-148,single-format-standard,ajax_updown_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1200,side_area_uncovered_from_content,footer_responsive_adv,hide_top_bar_on_mobile_header,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-16.6,qode-theme-bpcs2,qode_advanced_footer_responsive_1000,wpb-js-composer js-comp-ver-5.5.2,vc_responsive

Mengatasi Anjing Sulit Makan

anjingmakan

Mengatasi Anjing Sulit Makan

anjingmakanAnjing umumnya suka makan bahkan mereka akan mengkonsumsi makanan yang ditawarkan kepada mereka. Namun, ketika anjing  tiba-tiba kehilangan nafsu makan, itu akan membuat kita khawatir karena perilaku seperti itu tidak biasa baginya.  Dan itu akan membuat anjing turun berat badan, menjadi lesu, dan anoreksia.

Gangguan ini benar-benar membutuhkan perhatian karena bisa mengancam kehidupan anjing.

Pertama, harus diselidiki penyebab gangguan tersebut. Apabila anjing tidak makan untuk sementara waktu tidak perlu panik.  Namun, jika anjing tidak mau makan selama lebih dari 48 jam bisa menganggapnya serius. Mungkin ada sesuatu yang salah dengan anjing. Beberapa hal berikut patut And aperhatikan:

1. Faktor psikologis

Stres adalah penyebab utama yang membuat anjing kehilangan nafsu makan. Pemicunya bisa bermacam-macam, biasanya itu adalah karena perubahan lingkungan. anjing baru saja pindah ke tempat baru, pemilik baru, anjing baru memasuki wilayahnya atau salah satu teman anjing mati di lingkungan baru.

Ada banyak cara untuk mengurangi stres, misalnya mengatur rutinitas sehari-hari bagi dia dan biarkanlah anjing beradaptasi dengan jadwal tersebut, selalu memberinya banyak perhatian dan kasih sayang, berjalan-jalan, dan mengajaknya bermain.

Hal yang harus selalu diingat adalah membuat anjing merasa santai dan nyaman. Ketika stres itu hilang, pasti nafsu makan anjing akan kembali normal.

 2. Masalah kesehatan

Masalah kesehatan seperti infeksi, penyakit autoimun, pernafasan, pencernaan, tulang, endokrin, dan gangguan neurologis bisa memicu kehilangan nafsu makan anjing.

Gangguan pencernaan seperti peradangan pada perut karena pada umumnya akan ada rasa sakit jika ia makan terlalu banyak. Neoplasia (tumor hati) juga menyebabkan anjing sulit untuk mencerna makanan.

Pada umumnya, penyakit yang dapat menyebabkan anjing kehilangan nafsu makannya adalah sebagai berikut ::

1. Gangguan pencernaan
2. Infeksi bakteri
3. Hepatitis
4. Penyakit ginjal
5. Gangguan pankreas
6. Cancer
7. Diabetes mellitus
8. Penyakit pernapasan, seperti batuk dan asma
9. Radang usus Penyakit
10. Gastrointestinal obstruksi
11. Infeksi saluran kemih, dan
12. Penyakit yang disebabkan oleh parasit seperti cacing tambang

Konsultasikan dokter hewan sehingga mereka dapat melakukan berbagai tes untuk mendiagnosa masalah kesehatan anjing dan apa yang membuat anjing kehilangan nafsu makannya.

3. Obat-obatan
Beberapa obat-obatan dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan pada anjing termasuk obat-obatan yang digunakan untuk mengobati arthritis atau alergi seperti aspirin, deramaxx carprofen dan naproxen.

Penanganan :

Jika penyebab nafsu makan anjing terganggu bukan karena masalah kesehatan, Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengembalikan  nafsu makan anjing

1.Re-evaluasi kebiasaan makannya

Beberapa pemilik anjing senang memberikan makanan ringan (snack) kepada anjing banyak.  Sebenarnya, ini salah (terutama makanan ringan (snack)  yang tidak diproduksi untuk anjing) karena jika anjing terlalu kenyang Ia tidak akan menyentuh makanan utamanya. Juga jauhkan sampah makanan dari jangkauan anjing.  Pastikan bahwa anjing hanya memakan makanan yang disediakan untuknya.

2.Menetapkan jadwal makan yang teratur

Anjing akan lebih mudah makan kalau diberi makan pada jadwal yang sama setiap hari.  Perlu mengatur waktu yang teratur untuk makan setiap hari. Berikan  kesempatan untuk makan 10 menit  setelah menaruh makanan di depannya,

Jika tidak disentuh ambilah mangkuk makan anjing tersebut. Secara bertahap , Anjing akan mengerti bahwa ia harus makan ketika makanan disajikan pada waktu itu, jika tidak dimakan makanan tersebut akan diambil darinya

3. Membangkitkan nafsu makan

Siapkan makanan anjing pada waktu yang sama. Rangsanglah dengan makan di depan anjing sehingga terlihat sangat menikmati dengan makanan kita.. Hal ini akan mendorong mereka untuk makan dan membangun nafsu makan alami mereka. Meskipun proses ini memakan waktu, tapi jelas bisa menghidupkan kembali nafsu makan anjing.

4. Pastikan bebas interferensi ruang makan

Kita harus memberinya makan di tempat yang tenang dan bebas dari gangguan karena anjing mudah panik. Biarkan  berkonsentrasi dan tidak terganggu pada saat makan

Jika gangguan tersebut disebabkan oleh masalah kesehatan dan obat-obatan, kita harus memberikan perhatian lebih untuk membuatnya cepat sembuh dari rasa sakit dan membuatnya bisa makan normal.

No Comments

Post A Comment