LAYANAN TERBAIK
1.Boarding-balipetcareservice 1.Grooming-balipetcareservice 56.delivery-service-balipetcareservice 5.petshop-balipetcareservice
Bali Pet Care And Service - Grooming, Tempat Penitipan, Jual Beli Makanan & Aksesoris, Pelatihan, Dan Jual Beli Hewan Peliharaan (Pet Shop) Area Denpasar Bali | Persiapan Kucing Melahirkan
722
single,single-post,postid-722,single-format-standard,ajax_updown_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1200,side_area_uncovered_from_content,footer_responsive_adv,hide_top_bar_on_mobile_header,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-16.6,qode-theme-bpcs2,qode_advanced_footer_responsive_1000,wpb-js-composer js-comp-ver-5.5.2,vc_responsive

Persiapan Kucing Melahirkan

kucingmelahirkan

Persiapan Kucing Melahirkan

Setelah mengandung selama kurang lebih 2 bulan, kucing kesayangan kita akan menuju proses dan tahap selanjutnya yang ditunggu-tunggu oleh para cat lovers sekalian, yaitu kucing akan melahirkan. Nah kita sebagai pemilik sebaiknya tahu cara untuk menangani kucing yang akan melahirkan.

Ketika sampai pada akhir periode masa kebuntingan (kehamilan) pada kucing, kita sebagai owner atau pemilik, harus dapat dengan sigapuntuk mempersiapkan segala sesuatunya menjelang masa kelahiran.

Kucing yang akan melahirkan umumnya akan menunjukkan tanda-tanda (gejala) :

  • Yang paling mudah dikenali adalah Berisik
  • Menggaruk-garuk alas atau tempat pembuangan kotoran.
  • Mencari tempat tersembunyi untuk melahirkan anaknya sekaligus agar anak-anaknya aman dari kucing lain.
  • Nafsu makannya berkurang.

Jika kucing kita yang sedang hamil sudah menunjukkan gejala seperti itu, sebaiknya kita harus meningkatkan pengawasan terhadap kucing tersebut. Cara yang paling mudah adalah dengan memasukkan kucing tersebut ke dalam kandang sehingga pengawasan dan penanganannya lebih mudah dan cepat.
Persiapan sebelum partus (melahirkan) antara lain :

Sediakanlah kandang/tempat yang nyaman dan hangat.

Cara Menangani Kucing Melahirkan

Fasilitas berupa box kardus yang cukup luas, lalu diisi dengan handuk atau alas serta mungkin serpihan koran , maka hal ini sudah bisa dikatakan cukup memadai. Lalu tempatkan ditempat yang hangat, bersih, tenang dan terawasi dengan baik. jadwalkanlah kalo tempat ini telah tersedia minimal 1-2 minggu sebelum waktunya melahirkan. Tempatkan kucing tersebut pada kandang itu minimal 7-12 hari sebelum melahirkan. Supaya kucing terbiasa sampai dia melahirkan.

Gunakan box litter yang tidak mudah menggumpal.

Ada kasus dimana kadang kala kucing akan memilih untuk melahirkan anaknya di kotak/tempat kotoran (litter). Pasir yang terdapat dalam kotak litter bisa menempel di tubuh anak yang baru lahir. Induk kucing biasanya tidak mau membersihkan (menjilati) anaknya bila tertutup pasir yang menggumpal (merek : pura, cat san, hartz scoop dll). Gunakan saja pasir zeolit yang relatif lebih murah dan tidak menggumpal. Butiran zeolit berwarna abu kehijauan.

Jauhkanlah dari kucing-kucing lain.

Jika anda telah mempunyai banyak kucing persia atau anggora yang lain, pastikan tempat melahirkan jauh dari kucing-kucing lain. Pada saat melahirkan, kucing tidak suka berada didekat kucing lain, meskipun kucing tersebut sudah saling mengenal sejak lama. Insting keibuan dan proteksi akan semakin kuat pada saat mendekati kelahiran. Ada beberapa kucing yang baru melahirkan akan langsung menyerang kucing yang mendekatinya.

Siapkan persediaan makanan yang cukup.

Siapkan persediaan makanan dan minum yang cukup bagi kucing anda. Jangan biarkan kucing anda sendirian pada saat melahirkan.

Cek dokter hewan terdekat.

Segera anda menyiapkan catatan alamat dan nomor telepon beberapa klinik atau dokter hewan terdekat. Hubungi dan cari informasi dokter hewan/klinik yang buka 24 jam sebagai persiapan bila ada kasus emergency.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.