LAYANAN TERBAIK
1.Boarding-balipetcareservice 1.Grooming-balipetcareservice 56.delivery-service-balipetcareservice 5.petshop-balipetcareservice
Bali Pet Care And Service - Grooming, Tempat Penitipan, Jual Beli Makanan & Aksesoris, Pelatihan, Dan Jual Beli Hewan Peliharaan (Pet Shop) Area Denpasar Bali | Saat Tepat Anjing Divaksin
512
single,single-post,postid-512,single-format-standard,ajax_updown_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1200,side_area_uncovered_from_content,footer_responsive_adv,hide_top_bar_on_mobile_header,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-16.6,qode-theme-bpcs2,qode_advanced_footer_responsive_1000,wpb-js-composer js-comp-ver-5.5.2,vc_responsive

Saat Tepat Anjing Divaksin

dog vaccine

Saat Tepat Anjing Divaksin

dog vaccineMemelihara anjing merupakan suatu kesenangan tersendiri, apalagi bila kita mempunyai anjing kecil yang lucu. Tingkahnya terkadang membuat gemes sehingga terasa betah bila bermain bersama anjing kesayangan. Nah, untuk mendapatkan anjing yang prima, maka kesehatan anjing tersebut harus selalu dijaga. Beri selalu makanan dengan kandungan gizi yang cukup. Selain itu lakukanlah vaksinasi pada anjing kesayangan. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga anjing tidak mudah terserang penyakit. Berikut ini contoh jadwal vaksinasi pada anjing yang bisa dipakai sebagai perkiraan dalam pemberian stimulan kekebalan.

Pemberian vaksinasi pada anjing dimulai pada usia 6 minggu atau 7 minggu. Hal ini berkaitan dengan adanya kekebalan turunan dari induk yang ditransfer secara maternal. Pada saat umur anjing mencapai 6 minggu, titer imunoglobulin dari induk sudah mulai menurun, dan tibalah saatnya untuk diberikan vaksinasi dari luar.

6-8 minggu :

  • Vaksinasi DP (Distemper dan Parvovirus)
  • Pemberian obat cacing

10-12 minggu :

  • Vaksinasi PiBr (Parainfluenza dan Bordetella)

14-16 minggu : 

  • Vaksinasi DHLPI (Distemper, Hepatitis, Leptospirosis dan Parvovirus)

20 minggu :

  • Vaksinasi DHLPII+R (Distemper, Hepatitis, Leptospirosis, Parvovirus dan Rabies)

Setelah vaksinasi diberikan maka titer antibodi baru akan tercapai maksimal setelah 14 hari. Oleh karenanya anjing yang baru menerima vaksinasi harus benar-benar diperhatikan pemeliharannya. Adapun hal-hal yang dapat dilakukan berhubungan dengan vaksinasi antara lain :

  • Anjing yang baru dibeli sebaiknya tidak langsung di vaksin, dan diadaptasikan dulu di rumah selama 1 minggu.
  • Setelah vaksinasi diberikan anjing sebaiknya tidak langsung dipindahkan ke lingkungan baru atau menempuh perjalanan yang jauh.
  • Anjing tidak dimandikan setelah diberikan vaksinasi. Untuk anak sebelum vaksinasinya lengkap sebaiknya tidak dimandikan dulu. Sementara dapat menggunakan dry shampoo yang dijual di toko keperluan hewan.
  • Sedapat mungkin kontak dengan anjing yang belum jelas status kesehatannya dicegah setelah vaksinasi, terutama 2 minggu pertama setelah vaksinasi.
  • Anjing sebaiknya ditempatkan pada lingkungan yang terhindar dari cuaca dingin/hujan.
No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.