Mengadopsi Anak Anjing dari Tempat Penampungan

Cara mendapatkan Anjing peliharaan sangatlah beragam, salah satunya adalah dari tempat penampungan. Selain Anda bisa mengurangi beban Yayasan/ tempat penampungan dengan mengadopsi salah satu anjing mereka, Anda juga bisa mendapatkan anjing dengan kemungkinan harga lebih murah dibandingkan jika Anda membeli pada peternak/ breeder. Beberapa tips ini bisa menjadi pertimbangan dan arahan bagi Anda sebelum mendopsi anjing dari tempat penampungan.

1. Cari daring jenis anjing yang Anda inginkan. Jika Anda menginginkan jenis anjing tertentu, Anda dapat mencari tahu di internet tempat penampungan mana yang memiliki jenis anjing tersebut yang dapat Anda adopsi. Sumber internet seperti Petfinder.org akan memberikan daftar mengenai anak anjing dan juga anjing dewasa di tempat penampungan. Setelah mendapatkan apa yang Anda inginkan, Anda dapat menghubungi langsung tempat penampungan tersebut untuk proses selanjutnya.Anda mungkin harus pergi ke kota lain untuk mendapatkan jenis anjing yang Anda inginkan. Jadi, saat Anda melakukan pencarian daring, pertimbangkan juga tempat penampungan yang akan Anda tuju agar tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda.

Beberapa jenis anjing khusus mungkin tidak akan tersedia di tempat penampungan. Akan tetapi, biasanya ada kelompok-kelompok tertentu yang berfokus pada beberapa ras anjing (bahkan ras hasil persilangan seperti Labradoodle). Kunjungi kelompok-kelompok ini untuk mendapatkan anak anjing yang Anda inginkan.

Kelompok-kelompok penyelamat dan tempat-tempat perlindungan hewan biasanya memberikan tes perilaku (yang juga dikenal sebagai tes temperamen) untuk menentukan apakah seekor anak anjing merupakan kandidat yang tepat untuk diadopsi.

Bahkan setelah biaya sterilisasi, pemasangan mikrocip, vaksin, dan pemberantasan cacing diperhitungkan, mengadopsi anak anjing dari tempat penampungan biasanya lebih murah daripada membeli dari peternak anjing atau membayar semua biaya ini secara terpisah

2. Kunjungi tempat penampungan di sekitar wilayah Anda. Jika Anda tidak mengetahui dengan pasti jenis anjing apa yang Anda inginkan, pertimbangkan untuk mendatangi tempat tersebut agar Anda dapat menemui anak-anak anjing di sana secara langsung.Saat Anda tiba, ajukan pertanyaan tentang sejarah dan perilaku anak-anak anjing tersebut. Cobalah juga mengamati aktivitas di tempat penampungan untuk mengetahui apakah anjing-anjing tersebut telah dirawat dengan baik.

Tempat penampungan bisa menjadi lingkungan yang membuat stres bagi para anjing karena tingkat kebisingan, jumlah anjing lainnya, dan tingkat aktivitas yang tinggi. Beberapa anjing mungkin mengalami masalah perilaku saat di tempat penampungan. Staf yang bekerja di sana seharusnya bisa memberikan informasi mengenai apakah anak anjing yang Anda inginkan memiliki masalah perilaku atau tidak.

3. Ajukan pertanyaan saat Anda di tempat penampungan. Hal ini sama pentingnya dengan mengajukan pertanyaan kepada peternak anjing. Contohnya, tanyakan darimana asal anjing-anjing tersebut (misalnya, apakah mereka memang anjing liar atau diserahkan oleh pemilik sebelumnya). Anda juga harus mencari tahu berapa lama si anak anjing telah berada di tempat penampungan.

Ajukan pertanyaan tentang rekam medis si anak anjing dan bagaimana ia berperilaku saat di tempat penampungan. Perilakunya di sana mungkin berbeda dengan apa yang akan ia lakukan di rumah Anda.

Tanyakan tentang prosedur tempat penampungan bagi hewan peliharaan yang langsung sakit setelah diadopsi. Karena tempat penampungan memiliki anggaran yang terbatas untuk melakukan perawatan di dokter hewan, ketahuilah bahwa Anda mungkin harus mengganti sebagian besar atau seluruh biaya yang dikeluarkan selama masa perawatannya.

Anda juga bisa bertanya apakah tempat penampungan tersebut mengadopsi kebijakan “no-kill”. Ini berarti tempat tersebut tidak akan menyuntik mati hewan walaupun telah berada di sana selama beberapa waktu

4. Pelajari proses adopsinya. Ketahuilah bahwa Anda mungkin tidak langsung bisa mengadopsi seekor anak anjing di hari Anda melakukan kunjungan. Biasanya, akan ada sesi wawancara, yang juga menjadi kesempatan Anda untuk mempelajari sejarah lengkap serta rekam jejak medis dari si anak anjing. Staf tempat penampungan juga mungkin mengunjungi rumah Anda untuk menentukan jika ruma tersebut cocok bagi si anak anjing.

Jangan terkejut jika Anda diwawancarai. Para staf perlu diyakinkan bahwa Anda akan menjadi pemilik hewan yang bertanggung jawab dan merawat anak anjing Anda dengan baik.

Selain sesi wawancara dan kunjungan rumah, Anda harus menyelesaikan proses pemberkasan dan pastikan biaya adopsinya. Beberapa Yayasan Peduli Binatang di Bali menggratiskan biaya adopsi, tetapi mungkin Anda dibutuhkan sebagai pemberi donatur/ sumbangan seikhlasnya untuk yayasan tersebut demi membantu kelancaran proses operasional mereka dalam merawat anjing-anjing lain yang belum diadopsi.

5. Jangan putus asa. Kelompok penyelamat atau tempat penampungan hewan di area Anda mungkin tidak memiliki ras yang Anda inginkan. Untungnya, hewan-hewan di sana biasanya silih berganti dengan cepat, jadi biasanya Anda hanya tinggal menunggu waktu sampai anak anjing yang Anda inginkan datang. Pastikan Anda menghubungi mereka secara rutin untuk mencaritahu jenis anjing yang baru mereka dapatkan