Terjemur panas matahari terlalu lama, bisa menyebabkan Anjing terkena Heat Stroke

stroke

Heat stroke yang juga disebut hyperthermia non-pyrogenic, adalah peningkatan tinggi suhu tubuh anjing yang berkaitan dengan produksi panas internal tubuh yang berlebih, terpapar oleh suhu panas lingkungan yang tinggi atau kegagalan tubuh untuk mengeluarkan panas dengan baik. Kisaran suhu tubuh normal pada anjing adalah antara 37°C/100°F – 39°C/102°F. Heat stroke adalah kondisi yang sangat serius yang memerlukan penanganan medis segera. Begitu, terdeteksi adanya heat stroke, maka hanya sedikit waktu yang dimiliki untuk mendapat penanganan segera sebelum gangguan serius atau bahkan kematian bisa terjadi.

Anjing tidak berkeringat melalui kulit seperti manusia, mereka mengeluarkan panas tubuhnya melalui panting atau yang sering kita lihat seperti napas pendek terengah-engah dan keringat mereka dikeluarkan melalui bantalan kaki dan hidung. Anjing tidak bisa mentoleransi suhu lingkungan yang tinggi. Jika anjing tidak dapat mengeluarkan panas tubuhnya, maka suhu dalam tubuhnya akan mulai naik. Jika suhu tubuhnya mencapai 41°C/106°F, maka kerusakan sistem tubuh dan organ yang ditimbulkan mungkin tidak bisa kembali baik seperti semula. Sayangnya, banyak anjing yang terkena heat stroke dan lalu meninggal padahal hal tersebut dapat dicegah. Pelajari bagaimana cara mengenali tanda-tanda heat stroke dan mencegahnya agar hal tsb tidak terjadi pada anjing Anda.

TANDA-TANDA HEAT STROKE

    Tanda atau gejala dibawah ini mungkin mengindikasikan heat stroke pada anjing:
    – Peningkatan suhu dubur/anus (lebih dari 40°C atau 104°F memerlukan tindakan, lebih dari 41°C atau 106°F sudah sangat gawat/darurat)
    – Napas sangat terengah-engah/tersengal-sengal, kesulitan bernapas
    – Gusi merah tua
    – Sangat kehausan/dehidrasi
    – Berbaring lemas dan tidak mau (atau tidak mampu) untuk bangun
    – Kolaps dan/atau hilang kesadaran
    – banyak air liur
    – Pusing atau disorientasi
    – Kejang
    – Muntah
    – tubuh gemetar
    – Diare (mungkin bisa berdarah)
    – Mulut berbusa
    – jantung berdetak kencang

APA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA ANJING TERKENA HEAT STROKE

Jika Anda mencurigai anjing Anda mengalami heat stroke, jangan ditunda! Anda harus segera mengambil tindakan.

    Pertama, pindahkan anjing Anda dari panas dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Jika bisa, tempatkan dalam ruangan AC atau jika tidak dimungkinkan gunakan kipas angin.

    Mulailah mendinginkan anjing Anda. Tergantung pada apa yang Anda miliki dirumah, lakukan usaha terbaik Anda untuk mendinginkan anjing Anda secepat mungkin.

Yang Bisa Dilakukan

    - Siramkan air dingin (bukan air es) pada kepala dan tubuh anjing.

    - Letakkan kain basah atau waslap basah menggunakan air dingin (bukan air es) pada bantalan kaki dan sekitar kepala, namun langsung diganti begitu kainnya mulai berubah panas sesering mungkin dan jangan lama ditaruh karena bulu anjing bisa lembab. -Hindari menutupi tubuhnya dengan handuk basah, karena hal itu malah akan membuat panas dalam tubuhnya tidak bisa keluar.

    - Jika dimungkinkan masukkan anjing Anda ke dalam bak mandi.
    JANGAN mengunakan es atau air es! Dingin yang ekstrim bisa menyebabkan pembuluh darah mengerut, mencegah bagian tubuh inti dari pendinginan dan malah benar-benar menyebabkan suhu panas dalam tubuh jauh meningkat. Selain itu, dingin yang berlebih bisa menyebabkan hypothermia, menambah masalah baru.

    - saat tubuh anjing mencapai 39.9°C/103.9°F, berhenti mendinginkan tubuhnya. Pada titik ini, tubuh anjing akan dengan sendirinya melanjutkan pendinginan tubuhnya.

    - Tawarkan air dingin untuknya minum (bukan air es), tetapi jangan memaksa memasukkan air ke dalam mulutnya. Usahakan untuk tidak membiarkan anjing anda minum dalam jumlah yang berlebihan dalam sekali waktu.

    - Hubungi atau kunjungi dokter hewan Anda, meskipun anjing Anda sudah terlihat baik kondisinya. Kerusakan dalam tubuh mungkin tidak terlihat jelas pada kasat mata, jadi pemeriksaan diperlukan untuk memastikan kondisi anjing baik-baik saja.

CARA MENCEGAH HEAT STROKE

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah heat stroke:

    - JANGAN pernah tinggalkan anjing Anda sendiri di dalam mobil pada saat cuaca panas, tidak peduli meskipun jendela mobil sudah dibuka. Meskipun cuaca diluar terlihat tidak terlalu panas, berada di dalam mobil terasa seperti dalam oven bagi anjing, suhu tubuh mereka bisa naik pada tingkat tinggi yang berbahaya meskipun dalam hitungan menit.

    - Hindari exercise/latihan yang berat pada cuaca yang panas. Saat berada di luar, pilih tempat-tempat yang teduh.

    - Selalu disediakan air setiap saat.

    - Beberapa jenis anjing tertentu sangat sensitif terhadap panas, terutama anjing gemuk dan jenis anjing dengan hidung pendek seperti pug dan bulldog. Extra hati-hati untuk Anda yang memiliki anjing jenis ini saat mereka terpapar panas.

Beberapa anjing bisa sembuh total dari heat stroke jika ditangani secara dini. Sementara lainnya, bisa menderita kerusakan organ permanen dan membutuhkan perawatan seumur hidup. Sayangnya, banyak anjing tidak dapat selamat dari heat stroke. Pencegahan adalah kunci utama mencegah anjing Anda aman dari heat stroke.